Konversi shp to kml atau kmz sudah cukup banyak di posting di blog ini. Ada banyak desktop software/tool dan juga online tool yang bisa melakukan konversi tersebut. Mini tutorial kali ini ingin menunjukkan konversi shp to kml/kmz beserta dengan attribute-nya menggunakan Global Mapper, sehingga saat dibuka di Google Earth/Google Maps , konten attribute terpilih bisa muncul sebagai label yang menyertai feature-nya.

vector options in global mapper

Dalam mini tutorial cara melakukan konversi shp to kml/kmz beserta dengan attribute-nya yang bisa Anda download gratis ini, Anda akan ditunjukkan salah satu tool di Global Mapper, yaitu Vector Options, yang digunakan untuk melakukan pengaturan sebelum melakukan konversi dari shp to kml/kmz. Anda bisa menentukan attribute mana yang ingin ditampilkan sebagai annotasi/label yang menyertai feature-nya saat di tampilkan di Google Earth atau Google Maps.

Mini tutorial cara melakukan konversi shp to kml/kmz beserta dengan attribute-nya yang terdiri atas 13 halaman ini dibuat oleh saudara Bakhtiar Arif Mujianto, mahasiswa Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Jurusan SIG-PW Prodi Kartografi dan Penginderaan Jauh, pemilik blog http://bakhtiar-arif.blogspot.com/. Saudara Bakhtiar Arif Mujianto terpilih menjadi penulis tamu di iniGIS.com, dan mini tutorial ini menjadi tutorial pertamanya yang dipublish di blog GIS ini.

Download ebook konversi shp to kml/kmz beserta dengan attribute-nya