GoogleTrail adalah free mapping tool untuk Garmin GPS yang bisa digunakan untuk melakukan konversi dari web maps seperti Google Map, Bing Map, Yahoo Map, Openstreet Map, Cloudemate Map menjadi Garmin Custom Map.

Dengan aplikasi GoogleTrail ini, user bisa melakukan konversi web map menjadi garmin custom map dengan melakukan seleksi area menggunakan mouse dan zoom in ke batas level yang diinginkan user. Output yang diperoleh adalah KMZ file yang bisa digunakan sebagai background map pada Garmin GPS yang telah support custom map.

Salah satu opsi menarik dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk melakukan overlay dari beberapa web maps. Masing-masing web map yang di overlaykan tersebut bisa di edit transparansi-nya, sehingga satu peta dengan yang lainnya tidak saling menutupi, justru saling melengkapi.

Google Trail tersedia untuk di download melalui  CodePlex website. Developer aplikasi ini juga telah menambahkan tutorial dalam format Word documents tentang cara membuat Garmin Custom Map dari Web Map lengkap dengan screenshot-nya. Selain itu juga tersedia cara membuat GPX file serta cara melakukan update data ketinggian menggunakan Google Maps.  Aplikasi gratis ini hanya bisa berjalan di Windows operating system, dan bisa bekerja dengan baik di 64-bit Windows 7 system.


Download GoogleTrail


Anda juga bisa Membuat Garmin Custom Maps di ArcGIS Explorer