ESRI Training Services menyediakan bahan pelatihan ArcGIS 10 secara online. Banyak diantaranya bisa Anda akses secara gratis. Salah satunya adalah training Editing in ArcGIS Desktop 10.

 

Anda bisa mempelajari cara editing di ArcGIS 10 menggunakan feature template, cara melakukan pengaturan snapping saat editing serta mengikuti alur kerja editing terbaru di ArcGIS 10 yang sedikit berbeda dengan versi sebelumnya. Pemahaman cara editing di ArcGIS 9.x akan sangat memudahkan Anda memahami kursus GIS online berdurasi 3 jam ini.

Untuk dapat mengikuti kursus ArcGIS online yang tersedia gratis tersebut, Anda harus telah memiliki ESRI account. Jika belum Anda bisa mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Kursus online Editing in ArcGIS Desktop 10 tersedia di link ini. Untuk memiliki akun di ESRI bisa mendaftar di link ini.

Berikut beberapa link mini tutorial dari ESRI tentang Editing di ArcGIS 10. Pertama sebuah pamflet dalam PDF format yang berjudul “Editing in ArcGIS 10: An Overview”.  Sebuah outline langkah-langkah mendasar operasi editing di ArcGIS 10. Tersedia juga secara online di ArcGIS Desktop Help 10.0 Library  yaitu “Quick Tour of Editing. “The basics of the editing environment in ArcMap“, tersedia di link  ArcGIS 10 Desktop Application Tutorials dari University of Maryland Libraries. Sementara di Youtube, melalui channel ESRITV, Anda bisa melihat six-minute video on Editing in ArcGIS 10.

Anda tidak memiliki ArcGIS 10? Anda bisa mendapatkan trial DVD software ArcGIS 10 full functioning selama 180 hari (6 bulan) dengan membeli salah satu buku  Serial GIS Tutorial untuk ArcGIS 10. Buku tersebut juga dilengkapi CD yang berisi sample data yang digunakan sebagai bahan latihan.