LibreCAD adalah nama baru untuk CADuntu yaitu free 2D open source CAD client, yang bisa digunakan untuk segala hal kebutuhan desain 2 dimensi termasuk arsitektur, gambar teknik, dan gambar mesin.  Perubahan nama menyusul setelah dirilisnya versi Mac dan Windows setelah sebelumnya hanya tersedia untuk sistem operasi Linux.

LibreCAD a.k.a CADuntu

LibreCAD yang saat ini masih dalam versi Beta 4, tidak kalah dengan software CAD berbayar lainnya dimana user bisa melakukan kontrol atas layer yang ada serta beberapa proses yang lebih kompleks bisa dikerjakan juga. Semua fungsi drawing dan dimensioning tersedia di main menu (lihat gambar-klik untuk memperbesar), termasuk  pengaturan layer dan blocking.

Saya sendiri bukan pengguna CAD, selain hanya untuk saya jadikan viewer dari data yang dikirimkan oleh klien. Namun sayangnya LibreCAD hanya bisa membaca file dxf saja, termasuk saat menyimpannya. User juga bisa melakukan eksport file ke format PNG atau JPG.

Saya sudah download dan install LibreCAD Beta 4 (versi Windows) tersebut, yang kemudian saya coba untuk membuka data kontur dalam format file dxf (lihat gambar-klik untuk memperbesar). Cukup ringan saat melakukan zoom dan panning. Jika Anda tertarik mencobanya, Anda bisa download melalui link di bawah ini. Ukuran file Windows installer sekitar 10 MB. Proses instalasi hanya memakan waktu sekitar 1 menit saja.

Download LibreCAD Beta (a.k.a CADuntu)