Fitur webcam di Google Maps Indonesia [ http://maps.google.co.id ] telah aktif. Kini Anda bisa memantau lalu lintas jalanan Jakarta dengan gambar yang update setiap 30 hingga 60 menit sebelumnya. Informasi yang disertai dengan gambar tersebut sangat bermanfaat untuk Anda mengetahui seberapa macet jalanan yang akan  Anda lalui.

webcam google maps

Cukup dengan mengaktifkan fitur webcam di Google Maps Indonesia, informasi terkini tentang lalu lintas Jakarta bisa diperoleh dengan cepat. Anda cukup dekati jalan (zoom in) yang ingin diketahui, temukan icon gambar di sekitar jalan tersebut, klik gambar tersebut. Hasilnya seperti tampak pada gambar di bawah ini.

webcam google maps

Rekaman webcam di Google Maps Indonesia ini diambil dari webcam.travel dengan user LewatMana.com. Di homepage situsnya, LewatMana.com juga menampilkan informasi serupa. Webcam tersebut merupakan kontribusi dari anggota yang memasang camera, entah itu  di rumah, apartment atau kantor yang terdapat pemandangan jalan raya strategis, yang kemudian di upload ke account anggota tersebut ke LewatMana.com tanpa dipungut biaya (gratis). Selain informasi lalu-lintas, webcam tersebut juga bisa menginformasikan hal lainnya seperti banjir, penutupan jalan, dan lokasi insiden lalu lintas atau kecelakaan.

Anda juga bisa mengetahui informasi lalu lintas jalanan di Jakarta secara langsung di Google Maps Indonesia, hanya dengan mengaktifkan layer ‘Lalu lintas’ yang terdapat di kanan atas layar. Kemacetan di relasikan dengan kecepatan lalu-lintas relatif terhadap batas kecepatan jalan yang ditunjukkan dengan warna yang menutupi jalan. Hijau artinya lalu-lintas bergerak cepat dan merah atau hitam berarti lalu-lintas bergerak lambat atau tidak bergerak sama sekali, lihat legenda yang terdapat di kiri bawah layar Google Maps.