Esri Press baru saja menerbitkan buku terbarunya, Getting to Know ArcGIS ModelBuilder. Sebuah buku yang akan mengajarkan cara membangun  custom tools dan aplikasi menggunakan visual programming interface di ArcGIS  yang di kenal sebagai ArcGIS ModelBuilder.

arcgis modelbuilder

Sebagai bagian dari ArcGIS, geographic information system (GIS) software keluaran Esri, ArcGIS ModelBuilder membantu Anda untuk  menyatukan geoprocessing tools dan Python scripts untuk menghasilkan tool inovatif bikinan Anda sendiri. ArcGIS ModelBuilder bisa digunakan untuk menghasilkan stand-alone programming tool atau membuat aplikasi dengan antar-muka yang lebih kompleks untuk Python dan VB scripts. Di buku ini menggunakan Python scripting in ArcGIS ModelBuilder serves sebagai pendahuluan ke Python programming.

Buku Getting to Know ArcGIS ModelBuilder ini akan menunjukkan cara melakukan konversi analysis projects yang Anda buat menjadi sebuah model yang akan membuat project Anda tersebut lebih fleksibel dan lebih mudah untuk di kelola. Buku ini terdiri atas tujuh chapter termasuk diantaranya beberapa latihan yang akan membantu Anda untuk membangun model yang bisa terus di manfaatkan untuk berbagai analisis spasial sesuai kebutuhan Anda.

Di Amazon.com buku Getting to Know ArcGIS ModelBuilder ini bisa dilihat sebagian isinya dengan meng-klik gambar sampul buku dengan tulisan Click To Look Inside. Buku yang ditulis oleh David W. Allen (yang juga penulis GIS Tutorial 2: Spatial Analysis Workbook) ini menyertakan DVD yang berisi seluruh data yang digunakan dalam latihan, termasuk contoh model, custom applications dan  Python scripts.

Di Amazon.com buku Getting to Know ArcGIS ModelBuilder ini di bandrol USD $50-an (belum termasuk shipping) lebih murah daripada harga yang ditawarkan oleh ESRI Press $79.95. Anda juga bisa mempelajari tentang ModelBuider dari sumber-sumber yang gratis (ada juga yang menggunakan Bahasa Indonesia) untuk di download atau di baca secara online melalui postingan di blog ini sebelumnya DISINI