ArcGIS.com selain menawarkan map viewer secara online, juga menyediakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat Web GIS secara cepat berkat tersedia template yang siap digunakan. ESRI akan mengadakan Live Training Semainar yang akan menunjukkan cara mempublish dan berbagi GIS data secara online dengan memanfaatkan ArcGIS.com template pada 28 Januari 2011 (WIB).

Disini Anda akan mempelajari cara membuat publikasi dan berbagi GIS data menggunakan ArcGIS Server, membuat data tersebut ditampilkan di atas peta dengan menggunakan ArcGIS.com untuk kemudian membuat peta tersebut menjadi sebuah aplikasi web dengan menggunakan template yang tersedia.Presenter juga akan menunjukkan cara yang lebih mudah untuk melakukan kustomisasi template menggunakan css dan ArcGIS API for JavaScript.

Training penggunaan ArcGIS.com ini gratis,  pendaftarannya akan dibuka 30 menit sebelum pelaksanaan, dan pesertanya terbatas, siapa cepat dia dapat. Dalam sehari akan tersedia 3 pilihan waktu seminar dengan durasi sekitar satu jam sesi seminar. Jika Anda tidak bisa ‘menghadiri’ seminar sesi pertama, Anda bisa mencoba sesi kedua dst. Isi materi sama di tiap sesinya.

Saya sudah mencoba mengganti waktu seminar menjadi WIB. Dan berikut adalah waktu pelaksanaan pelatihan ArcGIS.com menurut waktu Indonesia bagian barat.

12:00 a.m.* (Jan 28)
2:00 a.m.* (Jan 28)
6:00 a.m.* (Jan 28)

Selengkapnya silahkan kunjungi link berikut : http://training.esri.com/campus/seminars/index.cfm