Salah satu fitur baru di Global Mapper 12 selain fitur untuk men-download data ASTER GDEM adalah Generate Watershed atau membuat daerah aliran sungai (DAS). Fitur baru ini bisa ditemui melalui menu File –> Generate Watershed.

via dominoc925.blogspot.com

Data yang dibutuhkan untuk membuat daerah aliran sungai di Global Mapper 12 adalah data raster grid. Anda bisa download data SRTM atau data ASTER GDEM langsung dari Global Mapper 12 ini untuk latihan. Contoh gambar  diatas menggunakan data LIDAR.

Berikut dibawah ini adalah pengaturan jendela Watershed Generation Options.

Jika diperlukan, Anda bisa mengubah nilai X-axis dan Y-axis di pengaturan resolusi. Semakin besar Anda isi nilainya, maka semakin kecil resolusi yang diperoleh, konsekuensinya adalah proses generate aliran sungai lebih cepat, namun hasil diperoleh tidak maksimal (seringkali hasilnya tidak sesuai harapan, misalnya dari visualisasi data raster terlihat jelas ada aliran sungai, tapi aliran tersebut tidak di generate/tidak dibuatkan alirannya)

Pada proses pembuatan DAS di ArcGIS, kita mengenal proses filling sinks, nah Depression Fill Depth ini sama dengan proses filling sinks tersebut, dimana Global Mapper akan mengontrol seberapa dalam suatu cekungan untuk “ditambal” sebelum cekungan tersebut dianggap sebagai suatu bagian dari daerah aliran sungai. Jika Anda tidak menginginkan proses ini, isi dengan nilai 0, hal ini akan mempercepat pemrosesan data.

Jika Anda hanya ingin mendapatkan aliran sungai saja, un-check pada Create Watershed Areas Showing Drainage to Streams. Jika Anda check pilihan tersebut, selain aliran sungai, Anda juga akan mendapatkan daerah aliran sungai dalam bentuk polygon. Setiap kali saya mencobanya membuat aliran sungai berikut dengan DAS-nya, saya selalu membatalkannya, karena waktu yang dibutuhkan sangat lama. Saya baru mencoba sampai pada tahap menghasilkan aliran sungai saja. Hasilnya seperti tampak pada gambar paling atas. Mungkin Anda mau mencobanya? Saya sarankan gunakan data dengan luas area seminimal mungkin, agar prosesnya semakin cepat.