ESRI ArcGIS Explorer, salah satu produk yang bisa di download secara gratis (Windows only) sebagai GIS viewer, tersedia add ins dimana user bisa membuat Garmin custom maps dari KMZ file yang bisa memuat data raster maupun vektor. Add ins yang dibuat oleh Don Copple dari Montana DRC tersebut di beri nama Garmin Tools.

Tidak semua tipe GPS Garmin bisa dibuatkan custom maps. Saat ini hanya Garmin GPS model tertentu yang bisa menampilkan custom maps overlay hasil buatan user diantaranya Garmin 62s, Colorado, Oregon, Dakota, dan 78 series.

Ada beberapa catatan dalam membuat Garmin custom maps diantaranya :

  • Sistem proyeksi yang digunakan haruslah WGS84 geographic projection,
  • Pixel size file KMZ yang dihasilkan usahakan dibawah 1 Mpix (1024 x 1024), karena Garmin custom maps mensyaratkan hal itu.  Resize window ArcGIS Explorer adalah tips termudah untuk mendapatkan hasil dibawah 1 Mpix

Selengkapnya tentang  tutorial cara membuat Garmin custom Maps di ArcGIS Explorer bisa membacanya melalui link berikut http://bit.ly/f7Mta8. ArcGIS Explorer sendiri  bisa di download di link berikut http://www.esri.com/software/arcgis/explorer/index.html. Sementara add ins Garmin Tools tersedia DISINI. ESRI juga menyediakan tutorial ArcGIS Explorer yang bisa diakses gratis di link berikut http://training.esri.com/acb2000/showdetl.cfm?DID=6&Product_ID=961. Anda harus sudah terdaftar di ESRI website  untuk dapat mengakses tutorial tersebut.