StepMap.com adalah layanan online gratis untuk membuat, meng-edit dan berbagi personal web mapping.  Peta online hasil kreasi tersebut bisa di tambahkan ke dalam blog atau website. Selain peta yang sudah tersedia di dalam layanan ini, Anda juga bisa mengupload peta Anda sendiri.

Berikut adalah step by step cara membuat web mapping menggunakan layanan gratis dari StepMap.com.

  1. Klik Create a Map dari menu yang tersedia di sebelah kanan. Step 1 silahkan pilih region, atur map style sesuai keinginan Anda, atau upload peta Anda sendiri.
  2. Step 2: tambahkan point dan membuat garis koneksi  jika dibutuhkan.  Klik pada peta untuk membuat point. Untuk membuat garis koneksi, klik pada point pilih Connect Locations, kemudian arah pada point berikutnya, kembali klik pada point tersebut pilih Connect Locations. Garis penghubung antara dua point tersebut akan terbentuk.

  3. Pada Step 3 Anda bisa meng-upload  picture, video, audio, documents dan membuatkannya link pada lokasi / point yang Anda buat sebelumnya, atau bisa juga membuat link ke website atau blog lain.
  4. Step 4 Anda bisa menambahkan judul dan deskripsi serta tags/keywords pada peta. Untuk menyimpannya, klik Save Map. Anda harus mendaftar (gratis) terlebih dahulu dan mengaktivasi link yang terkirim ke email sebelum Anda dapat melihat peta hasil kreasi Anda secara online.

Dibawah ini adalah contoh peta hasil kreasi saya atau klik LINK INI untuk melihatnya di StepMap.com

Jakarta-Balikpapan
Create a Map with StepMap

StepMap