Garmin telah mengumumkan tersedianya layanan Custom Maps, dimana Anda bisa membuat peta hasil scan atau hasil download dari Google Maps sebagai Garmin map di GPS.

Saat ini GPS Garmin yang support untuk layanan ini terbatas pada tipe Oregon, Dakota dan Colorado. Sebelumnya Anda harus menginstal software terbaru untuk ketiga GPS Garmin tersebut yang tersedia di http://my.garmin.com, dengan mengkoneksikan GPS tersebut via USB ke komputer.

Berikut adalah langkah-langkah membuat Custom Maps :

Langkah 1: Simpan peta hasil scan atau hasil download dari Google Maps dalam format JPG

Langkah 2: Dengan menggunakan Google Earth, georeference-kan / posisikan peta JPG tersebut menggunakan fitur Image Overlay. Saya pernah memposting tentang cara menggunakan image overlay tool di Google Earth.

Langkah 3: Simpan peta tersebut sebagai file KMZ

Langkah 4 : Copy file KMZ tersebut ke GPS Garmin. Sebaiknya copy file tersebut ke micro SD card, agar jika terjadi trouble dengan firmware custom maps ini, Anda cukup melepas micro SD tersebut.

Beberapa catatan untuk Garmin Custom Maps ini :

  • Image tidak boleh melebihi ukuran satu  megapixel (1024 x 1024; 2048 x 512; etc.)
  • Anda bisa mengcopy file image yang saling bersambung, tapi tidak bisa melebihi 100 image di GPS Anda.
  • Jika  Anda memiliki image yang ber-georeference seperti  GeoTiff, ERDAS Imagine, MRSID atau BSB file atau worldfile, Anda tidak bisa menggunakannya untuk Garmin  Custom Maps ini, Anda tetap harus mengkonversinya ke dalam format JPG.

Via Garmin Blog