Saya pernah menunjukkan cara membuat vektor grid di ArcGIS menggunakan extension Hawth’s Analysis Tools. Sayangnya ekstension tersebut tidak bisa digunakan di ArcGIS 10. Jika Anda juga pengguna ArcGIS 10, saya sarankan menggunakan ekstension ET GeoWizards dari www.ian-ko.com untuk membuat vektor grid. Ekstension ini juga tersedia untuk ArcGIS versi 9.x.

vektor grid arcgis 10

Berikut tahapan untuk membuat vektor grid di ArcGIS 10 menggunakan ekstension ET GeoWizards.

1. Download dan install ET GeoWizards.

2. Aktifkan ekstension ET GeoWizards di toolbar ArcMap.

3. Add Layer Area of Interest (AOI) yang hendak dibuatkan vektor grid-nya. Pastikan layer yang telah di tambahkan tersebut telah di define projection-nya, sehingga memiliki file *.prj

4. Jalankan ET GeoWizards. Berikut adalah tampilan jendela ET GeoWizards, pilih Basic –> Vektor Grid, kemudian klik G0

5. Wizards yang pertama adalah menentukan sumber acuan untuk batas terluar dari grid yang akan dibuat. Anda bisa memilih batas terluar layer AOI atau batas terluar data view ArcMap dengan memilih Current View.

6. Kemudian menentukan nama output vektor grid, klik Next

7. Berikutnya menentukan input dan output coordinate system. Jika layer AOI Anda telah di define projection sebelumnya, maka Anda tidak perlu mengubah apapun disini. Kecuali Anda ingin ouput grid-nya memiliki coordinate system yang berbeda dengan input-nya, maka klik button Select output coordinate system.

8. Di bawahnya Anda diminta menentukan tipe grid, polyline atau polygon. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, klik Next.

9. Pada Wizards terakhir ini, Anda bisa mengubah batas terluar output grid dengan mencentang Change kemudian mengisi nilai XMin – YMin (kiri bawah) serta XMax – YMax (kanan atas). Jika tidak ingin mengubah, biarkan tanpa dicentang.

10. Di bawahnya Anda menentukan panjang dan lebar grid sesuai kebutuhan. Klik Finish.

11. Hasilnya seperti tampak pada gambar paling atas.

Selamat mencoba