Seringkali saya menerima data spasial dari klien dengan sistem proyeksi lokal. Sementara data lapangan di kumpulkan dengan acuan sistem proyeksi utm. Untuk kemudahan proses data spasial, data spasial dari klien harus di geser atau dipindahkan ke sisem proyeksi utm. Global Mapper menyediakan cara mudah memindahkan data spasial (yang telah ditambahkan sebagai layer) berdasarkan koordinat atau berdasarkan jarak dan sudut tertentu.

Anda bisa memindahkan hampir seluruh tipe format data spasial ke lokasi geografis yang baru di Global Mapper, baik raster maupun vektor. Anda bisa pindahkan citra satelit, data DEM, shapefile, DWG, DXF dsb dengan menggunakan tool yang sama, dan proses yang relatif lebih cepat untuk file berukuran besar.

Berikut tahapan cara memindahkan layer berdasarkan jarak dan sudut di Global Mapper. Catatan, Anda tentu saja harus sudah memiliki acuan jarak dan sudut perpindahan atau koordinat tujuan perpindahan ini.

  1. Tambahkan data spasial ke dalam Global Mapper sebagai layer.>
  2. Buka Overlay Control Center dari menu Tools –> Control Center, atau tekan Alt+C.
  3. Pilih layer yang akan di pindahkan, klik kanan pilih “Shift Selected Layer(s) a Fixed Distance”.
  4. Jendela pengaturan perpindahan ditampilkan, tentukan unit perpindahannya, misalnya meters. Disini Anda mempunyai dua pilihan untuk memindahkan data spasial, berdasarkan koordinat atau berdasarkan jarak dan sudut. Perpindahan ditentukan dari centroid data ke nilai resultan koordinat atau nilai jarak dan sudut lokasi tujuan.
  5. Klik OK untuk mendapatkan hasilnya. Simpan layer hasil perpindahan tersebut menjadi file baru dengan nama yang berbeda.

Anda bisa temukan beberapa tips lain pengolahan data spasial menggunakan Global Mapper di link berikut : http://www.inigis.com/tag/global-mapper.

Selamat mencoba.