Kali ini saya ingin tunjukkan cara menampilkan peta dari Google Maps tersebut di ArcMap sebagai sebuah layer dengan format raster.

Saya pernah memposting serial cara melakukan download peta dari Google Maps, menggunakan browser Firefox + add on Screengrab, kemudian menggunakan aplikasi Google Map Saver,  atau Google Map Buddy atau memanfaatkan desktop application GmapCatcher, pun Anda juga bisa mendownload tampilan terrain dari Google Maps menggunakan Google Maps Terrain Downloader.

Untuk bisa menampilkan peta dari Google Maps di ArcMap, baik tampilan Map, Satellite ataupun Terrain, Anda membutuhkan sebuah extension gratis untuk ArcGIS Desktop yang diberi nama Geo-Explorer. Anda bisa download extension tersebut  sekaligus mengikuti tahapan cara menginstalnya di link ini.

Format raster yang didukung oleh Geo-Explorer sebagai layer di ArcMap adalah Erdas Imagine (IMG), JPEG, dan BMP. Seperti halnya aplikasi yang digunakan untuk mendownload peta dari Google Maps lainnya, image yang diperoleh dari hasil Geo-Explorer ini resolusi pixel-nya juga rendah, sehingga tampak terlihat  ‘pecah-pecah’.

Fitur  lainnya dari extension Geo-Explorer ini adalah kemampuan untuk melakukan sinkronisasi view peta antara ArcMap dengan Google Maps. Mirip dengan postingan saya sebelumnya tentang sinkronisasi antara Google Earth dengan ArcMap  atau sinkronisasi Google Maps dengan Open Source GIS Quantum GIS (QGIS) dengan memanfaatkan plugin OpenLayers Overview.

Kredit untuk blog SmallGIS.Wordpress.com yang telah menunjukkan tahapan penggunaan extension Geo-Explorer ini. Tersedia juga sebuah script untuk ArcGIS Desktop dimana  layer yang terdapat pada ArcMap bisa dikonversikan ke dalam standalone Google Maps webpage. Script ini diberi nama ArcMap2Gmap. Anda bisa membaca reviewnya di link ini.

Download Geo-Explorer