Saya mencoba membuat tips khusus cara menampilkan picture thumb di ArcMap  dari photo hasil geotag  menggunakan free geotagging software GPicSync. Tentang  GPicSync  pernah saya posting sebelumnya disini, yaitu aplikasi yang berfungsi secara otomatis menyisipkan informasi lokasi ke dalam metadata photo (geotagging) sehingga photo tersebut bisa ditampilkan ke dalam Google Earth (dalam format KML) menggunakan acuan timeline GPS track.

GPicSync setiap kali memproses photo untuk di geotag selalu menghasilkan file KML yang bisa dibuka di Google Earth atau ArcGIS Explorer Desktop. Selain itu, secara otomatis juga menghasilkan folder dengan nama Thumbs yang memuat photo tersebut namun dengan dimensi kecil (hasil resize) yaitu 160X120 pixel.  Dengan memanfaatkan file KML (biasanya memiliki nama doc.kml)  dan folder Thumbs tersebut  Anda bisa membuat picture thumb di ArcMap menggunakan Add-in Toolbox Convert GPSFile to SHP melalui sub-tool KML to SHP. Tentang Add-in Toolbox Convert GPSFile to SHP pernah saya posting disini.

Berikut tahapan menampilkan picture thumb di ArcMap dari photo hasil geotagging menggunakan GPicSync. Tahapan ini juga tidak menyertakan cara menampilkan Add-in Convert GPSFile to SHP ke ArcToolbox, Anda bisa membaca melalui postingan sebelumnya disini. Tahapan ini juga tidak menyertakan cara memproses photo di GPicSync hingga memperoleh file KML, saya menganggap Anda sudah memahaminya.  Jika belum, silahkan lihat pada halaman Getting Started with GPicSync.

  1. Lakukan konversi KML to SHP menggunakan Add-in Convert GPSFile to SHP
  2. Pastikan Feature Type yang dipilih adalah POINT.
  3. Tampilkan shapefile sebagai layer di TOC, lalu buka attribute-nya. Kolom Name adalah nama file photo, sementara kolom Descr adalah script html untuk menampilkan photo tersebut. Kita tidak membutuhkan konten dari kolom Descr tersebut, kita akan ganti dengan nama file photo yang terdapat di folder Thumbs hasil proses dari GPicSync. Caranya klik kanan kolom Descr, pilih Field Calculator. Isi form tersebut dengan : “thumb_” & [NAME] lalu klik OK.
  4. Hasil dari proses diatas seperti tampak pada gambar di bawah ini.
  5. Untuk membuat picture thumb di ArcMap, kita akan memanfaatkan fitur HTML Popup. Sebelumnya Anda harus melakukan pengaturan dari Layer Properties. Caranya, klik kanan layer (shp hasil konversi dari kml), pilih Properties. Pindahkan ke tab HTML Popup, lalu pilih As a URL dngan mengganti Prefix-nya sesuai dengan lokasi folder Thumbs, serta menentukan Field-nya dengan Descr sesuai dengan nama kolom yang telah di kerjakan pada tahapan 3 sebelumnya. 
  6. Sampai disini tahapan telah selesai, untuk menampilkannya klik Point menggunakan icon HTML Popup yang terdapat di toolbar Tools sehingga menghasilkan tampilan seperti tampak pada gambar paling atas.

Jika Anda bertanya, bagaimana caranya untuk menampilkan photo aslinya (bukan hasil resize)? Mudah saja, Anda bisa memanfaatkan fitur Hyperlink (icon dengan lambang petir diatas icon HTML Popup) dengan terlebih dahulu melakukan pengaturan dari Layer Properties.  Caranya, klik kanan layer (shp hasil konversi dari kml), pilih Properties. Pindahkan ke tab Display, lalu pilih Support Hyperlinks using field.  Pilih kolom Name sebagai Document (lihat gambar dibawah ini), lalu klik OK.

Dengan menggunakan icon Hyperlink klik pada Point tersebut, maka photo akan tampil menggunakan default aplikasi untuk membuka file image di komputer Anda. Saya sarankan default aplikasi Anda menggunakan Picasa (free) dari Google.

Postingan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan seorang pembaca GIS Blog Indonesia disini.