Seseorang membuat comment di postingan Jasa Download Google Earth Image yang meng-atas nama-kan Digital Globe. Postingan tersebut tidak saya tampilkan, tapi saya mencatat IP si pembuat komentar.  Saya ingin tahu lokasi si komentator ini dari IP-nya. Untuk diketahui, pada blog dengan cms WordPress setiap komentar yang masuk, asal bukan dari robot comment spammer,  maka IP si komentator akan di tautkan dalam email admin pemilik blog dan juga terdapat dalam page comments di dashboard admin.

Untuk mengetahui lokasi si komentator, copy saja IP address yang ditautkan kemudian paste pada form yang terdapat pada url berikut : http://www.networldmap.com/TryIt.htm. Tekan Enter atau klik button Submit. Tools online ini akan memberikan koordinat lokasi si komentator dalam sistem proyeksi Geographic Decimal Degrees. Lihat gambar di bawah.

Selanjutnya dengan memanfaatkan Google Earth, gunakan fungsi add placemark (icon paku softboard berwarna kuning) untuk menunjukkan lokasi secara tepat si komentator. Sebelumnya pastikan Lat/Long pada Google Earth adalah Decimal Degrees, caranya pilih Tools –> Options. Pada tab 3D View, temukan menu Show Lat/Long kemudian pilih Decimal Degrees. Klik icon add placemark, masukkan koordinat lokasi yang diperoleh dari networldmap.com sebelumnya, pada form yang tersedia. Kemudian klik OK. Lihat pada gambar.

Zoom in pada placemark yang diberikan tersebut untuk mengetahui lokasi si komentator. Mudah bukan? Anda juga bisa mengetahui IP  pengirim email jika Anda pengguna gmail. O iya, si komentator yang saya maksud diatas, berlokasi di sekitar Roxy Square Jakarta.