Layanan berbasis lokasi bisa menjadikan konsumsi baterai boros ketika dijalankan saat dijalankan di background. Itulah sebabnya Android menggunakan kontrol yang spesifik  untuk penggunaan GPS chip di setiap perangkatnya. Ada beberapa widgets yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan atau nonaktifkan fitur GPS dari menu home screen. Sebaiknya Anda mengaktifkan GPS hanya saat Anda butuhkan (saat navigasi atau membuka Google Maps) untuk menghindari konsumsi baterai yang boros.

Untuk mengaktifkan GPS di perangkat Android, tekan Home button agar Anda berada di home screen.

Dari contextual menu di home screen, pilih Settings.

Scroll down dari daftar Settings tersebut dan temukan pengaturan untuk Location.

Disini Anda punya dua pilihan untuk melakukan pengaturan GPS.

Berikut dua pilihan untuk melakukan pengaturan GPS di perangkat Android. Pertama Use wireless networks, yang akan mengaktifkan kemampuan perangkat GPS Anda untuk menggunakan menara BTS atau wifi network untuk menentukan lokasi (A-GPS : Assisted Global Positioning System, baca juga tentang A-GPS di link ini ) dengan akurasi yang bergantung pada keberadaan menara BTS dan wifi network tersebut. Pilihan ini tidak mengkonsumsi baterai secara berlebihan.

Pilihan kedua adalah tama Use GPS Satellites untuk mengaktifkan GPS chip. Pilihan ini lebih akurat karena lokasi didasarkan pada satelit GPS (layaknya perangkat GPS sesungguhnya) namun berakibat pada  konsumsi baterai yang boros.