Offline Google Earth atau using Google Earth Offline adalah keyword yang cukup banyak dicari melalui mesin pencari Google. Sebenarnya bisa atau tidak menggunakan Google Earth secara Offline alias tanpa koneksi internet? Jika Anda cari di internet dengan kata kunci tersebut, ternyata hal tersebut sangat memungkinkan. Jadi jika Anda ingin presentasi dengan memanfaatkan Google Earth sebagai media Anda untuk menyampaikan informasi tersebut, Anda tidak perlu koneksi internet lagi.

Namun tanpa koneksi internet Google Earth tidak dapat menampilkan daerah yang baru, hanya mampu menampilkan daerah yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Google Earth hanya mengingat gambar dan peta yang pernah  ditampilkan di layar. Inilah yang disebut Cache Memory. Cache ini disimpan pada hard disk lokal dan oleh karena itu juga tersedia tanpa sambungan internet.

Anda bisa mengatur cache Google Earth hingga 2 GB. Namun jika cache ini sudah full, maka akan ditimpa oleh data yang baru atau hasil navigasi yang baru. Dan tidak ada peringatan kepada user bahwa hal itu telah terjadi. Google Earth tidak memberikan back up atau transfer cache ke komputer lain.

Solusinya? Gunakan saja aplikasi Cache For Google Earth.  Dengan aplikasi ringan ini, Anda bisa menyimpan cache di repository komputer untuk dipanggil lagi di Google Earth tanpa koneksi Internet.

Berikut adalah fitur Cache For Google Earth :

  • Manajemen salinan cache Google Earth
  • Menyimpan salinan cache Google Earth offline tanpa batas (unlimited)
  • User bebas memilih / mengaktifkan cache (dari beberapa cache yang ada) yang ingin ditampilkan di Google Earth.
  • Tersedia informasi perubahan salinan cache dalam tanggal dan waktu
  • Membuka dan menutup Google Earth langsung dari cache manager interface

Download Cache for Google Earth

Free software untuk menyimpan cache memory Google Earth bisa Anda baca pada postingan ini