Video tutorial GIS berdurasi dua setengah menit berikut dibawah ini menunjukkan langkah-langkah cara menghitung cut & fill (galian dan timbunan) menggunakan software Global Mapper.

Keterangan dalam video tersebut yaitu background image dibelakang adalah data SRTM yang di download secara online langsung dari Global Mapper. Sementara polyline berwarna hitam adalah rencana jalan yang akan di hitung cut & fill – nya.

Prosesnya simple, Anda cukup menggunakan “Measure Tool” untuk melakukan perhitungan cut & fill. Ikuti rencana jalan layaknya Anda melakukan digitasi. Diakhir digitasi, klik kanan mouse untuk mendapatkan konteks menu, lalu pilihlah “Measure volume (cut-and-fill). Selanjutnya akan tampil jendela Setup Volume Calculation Parameters. Di jendela ini Anda akan menentukan Volume calculation type, Volume units serta nilai referensi ketinggian (above sea level or above ground).

Selengkapnya silahkan video tutorial GIS cara menghitung cut & fill di Global Mapper dibawah ini :

Untuk menghitung cut & fill di ArcGIS silahkan ikuti postingan : Menggunakan ArcGIS Spatial Analyst Toolbar Untuk Menghitung Cut and Fill