Avenza Systems belum lama ini telah merilis versi terbaru dari Adobe Photoshop mapping plug-in yang disebut dengan Geographic Imager. Dengan tambahan plug-in ini Anda bisa mengolah data citra satelit menggunakan Adobe Photoshop untuk editing, export dan import geospatial image serta import data DEM (data elevasi).

Rilis terbaru Geographic Imager yaitu Versi 2.5 kini telah support format file ECW, JPEG 2000, MrSID,dan DEM (ArcInfo ASCII Grid, ArcInfo Binary Grid, DEM USGS/CDED ASCII, Military Electations Data/DTED, SRTM), menambah format file yang telah di support sebelumnya seperti GeoTIFF, JPG, PSD and Photoshop compatible raster data format lainnya.

Kemampuan Geographic Imager ini bisa disamakan dengan Image Analyst di ArcView, karena juga mendukung georeferencing image dari non georeference image menggunakan data GCP sebagai file referensi. Juga mendukung Mosaic image dari beberapa layer image menjadi single image file. Tersedia juga GeoCrop tool untuk melakukan cropping image berdasarkan kombinasi pixel atau cropping dengan menggunakan koordinat geographic sesuai kebutuhan user. Selain itu juga tersedia fasilitas Merge and Split Channels. Tools yang ada tersebut sangat memudahkan untuk mengolah citra satelit menggunakan Adobe Photoshop.

Selengkapnya tentang Geographic Imager bisa di lihat di http://www.avenza.com/geographicimager

gambar diambil dari situs avenza.com