Distance Measure Tool telah ditambahkan di Google Maps sebagai alat bantu untuk mengukur jarak antara dua point yang ditentukan oleh user. Tool ini harus di aktifkan terlebih dahulu untuk menggunakannya dari menu Google Maps Labs.

Klik pada icon gelas warna hijau di pojok kanan atas. Dari pop up window yang muncul, klik Enable pada fitur Distance Measure Tool, lalu klik Save Changes. Perhatikan pada kiri bawah tampilan peta di sebelah garis skala, terdapat icon baru berupa gambar penggaris berwarna biru muda. Klik icon tersebut, maka disebelah kiri tampilan peta akan berubah menjadi Distance Measure Tool mode.

Kini Anda bisa mengukur jarak antara dua titik dengan melakukan klik pada peta. Anda bisa mengukur jarak secara lurus antara dua titik tersebut, kemudian lihat hasilnya di sebelah kiri pada Distance Measure Tool mode.

Jika Anda ingin mengukur jarak antara dua titik berdasarkan jarak jalan yang harus di tempuh dari titik asal ke titik tujuan, maka lakukan klik layaknya Anda sedang melakukan digitasi mengikuti jalan tersebut. Hasil pengukuran bisa di lihat di sebelah kiri pada Distance Measure Tool mode.

User bisa mengubah satuan jarak yang defaultnya adalah Metric. Misalnya Anda ingin mengukut jarak antara dua point dalam satuan Mile, klik pada I’m feeling geekly, kemudian pilih satuan jarak yang Anda inginkan tersebut.

Selamat mencoba fitur baru dari Google Maps ini.

http://jaraktempuh.com