OSGeo Live adalah live DVD sekaligus Virtual Machine berbasis Xubuntu yang memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai macam open source geospatial software tanpa harus menginstall apapun. Seluruh program yang terdapat di dalamnya merupakan free software, memungkinkan untuk didistribusikan secara bebas, digandakan dan diedarkan.

Didalam OSGeo Live telah tersedia tools untuk storage, publishing, viewing, analysis dan manipulasi data. Disamping itu terdapat pula standard software seperti Apache Web Server, Apache Tomcat Application Server, Sun Java, PostgreSQL dan PGAdmin.

Untuk menggunakankan OSGeo Live, cukup restart komputer dengan sebelumnya memasukkan Live DVD tersebut, atau Anda juga bisa menggunakan Virtual Machine seperti VMware Player atau VirtualBox. Pada boot menu, pilih “live” kemudian tunggu sesaat. Komputer Anda akan mulai menjalankan sistem operasi Linux dan Anda sudah bisa mencoba seluruh aplikasi dan software dari komputer Anda.

Simak video presentasi dari Cameron Shorter berikut tentang OSGeo Live yang sedianya akan di presentasikan pada Free and Open Source Software for Geomatics Conference FOSS4G 2010 Barcelona pada 6-9 September 2010

Berikut adalah list open source geospatial software yang terdapat di OSGeo Live :

Download OSGeo Live