ArcGIS 10 yang akan dirilis sebentar lagi terdapat dropdown menu Geoprocessing seperti terlihat pada gambar di atas. Hal ini merupakan pengembangan baru pada ArcGIS yang sebelumnya disebut sebagai versi 9.4 tersebut.

Pada bagian atas terdapat 6 geoprocessing tools, di bagian bawah terdapat menu Search For Tools, ArcToolbox, Environment, ModelBuilder dan phyton.  Sementara pada bagian bawah terdapat menu Geoprocessing Resource Center dan Geoprocessing Options.

User bisa add or remove menu-menu tersebut. User juga bisa membuat menu sendiri dan menambahkan tools di dalamya. Misalnya Anda membuat  menu dengan nama “My Tools”. Di dalamnya terdapat 3 sub menu: Fields, Create, dan Copy. Sementara di dalam sub menu Field, ditambahkan tools yang sering digunakan yaitu : Add Field, Delete Fields, dan Calculate Fields.

Kustomisasi menu, biasanya adalah tools yang paling sering digunakan. Jika Anda ingin mengakses tools apa yang paling sering Anda gunakan, manfaatkan Results window. Tentang Result window ini silahkan baca pada  The Power of the Results Window. Result window tampak seperti pada gambar di bawah ini.