Salah satu fitu baru di ArcGIS 10 adalah kemampuan untuk menyisipkan file (attachments) ke dalam layer. Dengan attachments, user bisa menambahkan informasi yang berkaitan dengan layer tersebut. Attachments  hampir serupa dengan hyperlinks, tapi user bisa menyisipkan lebih dari satu file (berbagai tipe format file) ke dalam layer geodatabase.

File yang dijadikan sebagai sisipan (attachments) disimpan ke dalam geodatabase, dan file tersebut bisa di tampilkan dalam beberapa  cara, sesuai format file yang telah  disisipkan, bisa juga dibuka melalui web applications, ArcGIS Explorer atau ArcReader.

Link antara layer (feature class) dan file yang disisipkan tersebut menggunakan relationship class, sehingga kemampuan untuk menyisipkan file atau mengedit-nya hanya terdapat di  ArcEditor atau ArcInfo license. Sementara ArcView license hanya bisa digunakan untuk menampilkan attachments saja.

Berikut adalah ringkasan tahapan untuk mengaktifkan fitur attachments di ArcGIS 10, menambahkan/mengedit file yang akan disisipkan serta cara menampilkannya.

(Tersedia juga mini tutorial dalam format PDF-full screenshot. Download link tersedia di akhir postingan ini)

  1. Fitur attachments diaktifkan melalui  jendela Catalog (ArcCatalog). Caranya klik kanan feature class, pilih Attachments —> Create Attachments. Drag hasilnya ke layar ArcMap.
  2. Selanjutnya klik kanan pada feature class di TOC, pilih Edit Features —> Start Editing.
  3. Lalu dengan menggunakan panah pada toolbar Edit Tool , pilih  satu individual feature yang ingin Anda sisipkan file ke dalamnya, kemudian klik kanan pilih Attributes.
  4. Pilih Open Attachment Manager. Pada jendela Attachment Manager yang terbuka, klik Add, browse ke lokasi file yang ingin Anda sisipkan ke dalam layer.
  5. Untuk menampilkan hasilnya, cukup klik indvidual feature tadi menggunakan button Identify. Untuk membuka file, double click pada file attachment tersebut.
  6. Anda juga bisa menampilkan hasil attachments tersebut dalam bentuk HTML Pop up, dengan terlebih dahulu melakukan sedikit pengaturan pada properties feature class. Caranya, klik kanan feature class, pilih Properties. Dari Layer Properties yang terbuka, pindahkan ke tab HTML Pop up. Lakukan pengaturan kemudian klik Verify. Klik Apply kemudian klik OK. Hasilnya bisa dilihat dengan menggunakan button HTML Popup seperti tampak pada gambar paling atas postingan ini.

Attachments tersebut di simpan di dalam geodatabase, sehingga Anda bisa membagi  geodatabase tersebut kepada yang lain atau dibuatkan map package menggunakan toolbar Publisher untuk dibuka di ArcReader yang secara otomatis file attachments tersebut sudah termasuk di dalamnya.

Download mini tutorial Cara Menggunakan Attachments di ArcGIS 10