Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya bahwa saya akan melanjutkan posting tentang penggunaan fungsi hydrology tools yang tersedia di ArcGIS, maka posting kali ini adalah kelanjutan dari posting tersebut. Namun mungkin tidak seperti yang dijanjikan, kali ini saya membagi seluruh step penggunaan hydrology tools yang terdapat di Extension Spatial Analyst pada ArcToolBox tersebut.
hydrology tools

Mini Tutorial ArcGIS Surface Hydrology Tools ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan bisa di download gratis, termasuk juga sampel data yang bisa digunakan sebagai bahan untuk latihan. Step yang tersedia dalam mini tutorial ArcGIS 19 halaman ini adalah sebagai berikut :

1. Run Topo To Raster
2. Fill Surface Sinks
3. Run Flow Direction
4. Run Flow Accumulation
5. Create stream Network
6. Edit Stream Segment
7. Run Basin
8. Run Watershed
9. Run Flow Length
10. Trace rain drops path

Surface Hydrology Tools merupakan “alat” yang bisa digunakan untuk menentukan daerah aliran sungai (das) berdasarkan data kontur dan atau data sungai, danau serta titik tinggi. Tools tersebut juga bisa menentukan arah aliran, akumulasi dari suatu aliran sungai dan membuat jaringan sungai. Untuk mempelajari tools ini diperlukan kemampuan mendasar tentang penggunaan arcGIS itu sendiri. Untuk Anda yang baru mengenal ArcGIS bisa mendownload modul pelatihan ArcGIS tingkat dasar di link berikut http://www.inigis.com/free-arcgis-tutorial-basic/

Download  Mini Tutorial ArcGIS : Surface Hydrology Tools

Download Sample Data