Fasilitas hotlink image di ArcView 3.x hanya membolehkan pengguna untuk menghubungkan feature dari sebuah layer aktif dengan sebuah image yang path dari image tersebut sebelumnya telah di simpan dalam sebuah field pada attribute layer yang aktif tersebut. Dengan bantuan extension Multiple Images Hotlink, kini Anda bisa membuat sebuah feature memiliki lebih dari satu hotlink image.

Cara kerjanya tidak rumit, Anda cukup menyimpan path image yang ditampilkan dalam field tersendiri, sama seperti Anda ingin membuat hotlink dari tools yang sudah tersedia secara default di ArcView 3.x. Bedanya, Anda akan menyimpan lebih dari satu path image di dua atau lebih field yang berbeda, tergantung jumlah image yang ingin Anda buat hotlink-nya.  Jika Anda ingin sebuah feature (satu record di attribute-nya) memiliki misalnya 2 hotlink image, maka Anda buat 2 field berbeda untuk menuliskan path masing-masing image tersebut. (lihat gambar dibawah).

Aktifkan extension Multiple Images Hotlink. Di jendela extension, Anda bisa menemukan Multiple Image Viewer extension (lihat gambar).

Setelah diaktifkan, pada View Toolbar akan tersedia sebuah button berwarna merah. Klik pada button tersebut, untuk kemudian klik pada feature yang ingin Anda lihat hotlink-nya. Hasilnya, sebuah jendela View yang baru akan terbuka dengan nama Image Viewer, dimana pada TOC View tersebut secara otomatis akan menampilkan image dalam susunan layer. User harus melakukan check dan unchek untuk melihat image yang ada. User juga bisa melakukan zoom in dan zoom out, pan termasuk juga melakukan resize jendela View.

Download ArcView 3.x Extension : Multiple Images Hotlink