NASA bersama dengan Kementrian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang kemarin merilis  Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer (ASTER) Global Digital Elevation Model (GDEM), sebagai peta digital topografi bumi yang baru yang diklaim sebagai yang terlengkap dari yang pernah ada sebelumnya. Demikian disampaikan oleh Woody Turner, ASTER program scientist di kantor pusat NASA, Washington.

GDEM diproses menggunakan  stereo-correlating 1,3 juta scene arsip image optik ASTER. Meliputi 83 derajat lintang utara dan 83 derajat lintang selatan, yang berarti hampir 99% permukaan bumi tercover oleh GDEM dengan tingkat ketelitian 30 meter, mengalahkan dataset SRTM yang hanya mengcover 80% permukaan bumi dengan tingkat ketelitian 90 meter.

Keterangan lebih lengkap bisa merujuk pada press release di link berikut http://www.nasa.gov/topics/earth/features/20090629.html, untuk mendownload GDEM silahkan menuju pada link berikut ini http://www.gdem.aster.ersdac.or.jp/index.jsp. Ketika posting ini dibuat, halaman download masih restricted.

UPDATE: Kini Anda bisa download ASTER GDEM dari Global Mapper 12