Jika Anda memiliki citra satelit atau raster data apapun yang sudah memiliki georeference, kini Anda bisa melakukan overlay citra atau raster data tersebut ke dalam Google Earth, export menjadi web mapping dan juga mengubahnya menjadi background map (Custom Maps) di GPS Garmin (seri tertentu) menggunakan free desktop application MapTiler. Contoh hasil overlay di Google Earth tampak pada Peta Geologi Bali diatas. Dibawah ini gambar saat 3D di Google Earth di aktifkan.

MapTiler berjalan dengan baik di Windows, MacOSX & Linux. Desktop application ini mampu membaca beragam raster data seperti GeoTIFF, JPEG2000 (GeoJP2), ECW, MrSID, HFA, BSB etc. MapTiler mampu membuat web mapping yang compatible dengan Google Maps, OpenStreetMap, Yahoo Maps, Bing Maps etc. Hasilnya, bisa dilihat seperti gambar dibawah ini. Pengunjung web mapping bisa membandingkan antara peta overlay dengan base maps dibelakangnya dengan mengatur transparansinya pada webviewer.

Untuk mempublish raster data Anda, tidak diperlukan setup apapun pada webserver. Cukup copy file dan folder hasil generate dari MapTiler ke dalam webserver Anda.Untuk mengubah raster data menjadi Custom Maps GPS Garmin bisa mengikuti tahapan yang di tunjukkan oleh pembuat software MapTiler ini di blognya http://blog.klokan.cz.

Download MapTiler