ESRI berencana akan merilis ArcGIS 10.1 pada awal tahun 2012. Untuk itu ESRI mengubah penamaan di ArcGIS karena faktanya, bagaimanapun ArcGIS digunakan, pada dasarnya menggunakan sistem yang sama.

arcgis 10.1

Berikut beberapa perubahan nama menyusul rilis ArcGIS 10.1 :

Name Prior to ArcGIS 10.1 New Name
ArcGIS Desktop ArcGIS for Desktop
ArcInfo ArcGIS for Desktop Advanced
ArcEditor ArcGIS for Desktop Standard
ArcView ArcGIS for Desktop Basic
ArcGIS Server ArcGIS for Server
ArcGIS Mobile ArcGIS for Windows Mobile
ArcGIS Mobile SDK ArcGIS SDK for Windows Mobile
Esri Data and Maps Data and Maps for ArcGIS
Esri StreetMap Premium StreetMap Premium for ArcGIS
ArcGIS Data Appliance Data Appliance for ArcGIS
ArcGIS Mapping for SharePoint ArcGIS for SharePoint

 

ArcGIS 10.1 bertemakan Sharing and Collaboration, dimana pengguna akan menemukan bahwa versi ini akan lebih memudahkan  untuk analisis geospasial dan pemetaan pada lebih banyak pengguna tanpa pengguna tersebut harus ahli dalam GIS. ArcGIS user akan dapat membagi semua sumber daya GIS, seperti peta, citra, geodatabases, dan berbagai macam tools dan script, sebagai sebuah layanan web, sehingga sumber daya GIS bisa lebih banyak dimanfaatkan oleh orang yang membutuhkan. Kemampuan untuk mengakses layanan ini akan dibangun di dalam ArcGIS, dan dengan  aplikasi yang dibangun dengan menggunakan ArcGIS API. di ArcGIS 10.1, Python menjadi pondasi untuk ArcGIS,  hal ini untuk menjembatani kesenjangan antara analis GIS dan programer.

Baca tentang ArcGIS 10.1 di ArcNews pada laman The Road Ahead for ArcGIS. ArcGIS 10.1 sudah di agendakan pada ESRI International User Conference untuk dibuatkan sesi Technical Workshops pada bulan depan. Selengkapnya tentang workshops tersebut Anda bisa lihat pada laman ini.

Sambil menunggu rilis ArcGIS 10.1, mungkin ada baiknya Anda melakukan update ArcGIS 10 dengan men-download ArcGIS 10 Service Pack 2.