Perubahan Lahan Jakarta

Perubahan penggunaan tanah atau perubahan tutupan lahan mungkin sudah banyak yang menuliskannya, menjadikannya paper atau bahkan skripsi dan tesis. Teknis cara menentukan perubahan tutupan lahan dengan memanfaatkan teknologi GIS juga banyak ditemukan. Saya bahkan memiliki satu GIS project dalam ArcView 3.x project (*.apr) tentang perubahan tutupan lahan di Jakarta antara tahun 1989 hingga 2003. Anda bisa mendownload GIS project ini termasuk dengan shapefile yang menyertainya.

Pada aplikasi ini, tutupan lahan hanya dibagi menjadi empat yaitu Area Terbuka Hijau, Perairan, Area Terbangun Padat dan Area Terbangun Sedang. Klasifikasi ini didapatkan setelah terlebih dahulu memproses citra Landsat DKI tahun 1989. Citra Landsat ini tidak disertakan dalam paket download. Untuk tahun 2003, data diperoleh dari Peta Rupa Bumi Bakosurtanal skala 1:25.000 yang klasifikasinya kemudian disesuaikan dengan klasifikasi diatas.

GIS project ini di dalamnya telah terdapat layout untuk masing-masing variabel, dan juga layout tampilan per kota (5 kota) di DKI Jakarta untuk masing-masing variabel juga. Jadi Anda bisa melihat tutupan lahan Jakarta Selatan tahun 1989 dan 2003 sekaligus, dan 4 kota lainnya. Gambar diatas adalah salah layout yang menunjukkan hasil perubahan tutupan lahan di DKI Jakarta pada kurun 1989 hingga 2003. Besarnya luas perubahan tutupan lahan bisa dilihat pada attributnya.

GIS project Perubahan Tutupan Lahan Jakarta 1989 – 2003 ini besarnya sekitar 10 MB dalam ZIP file. Di buat menggunakan ZIPAPR sehingga Anda bisa membukan ArcView project yang terdapat di dalamnya tanpa harus menyesuaikan path direktori terlebih dahulu. Cukup ekstrak dan open project-nya saja…

Download GIS Project Perubahan Tutupan Lahan Jakarta 1989 – 2003