portable gis

Semenjak posting tentang Portable GIS dari archaeogeek.com yang lalu hingga saat ini, saya belum juga mendownload apalagi menggunakan Portable GIS tersebut. Selain ukuran yang besar, saya juga jarang menggunakan beberapa software GIS yang terdapat di dalamnya, yaitu GRASS. Untuk QGIS dan GvSIG saya pernah menggunakannya. Nah, buat Anda yang membutuhkan sebuah software GIS dalam USB Flash Disk namun tidak ingin terbebani dengan besarnya ukuran aplikasi softwarenya, Anda bisa menggunakan FloppyGIS v1.0.

FloppyGIS v1.0 adalah sebuah Portable GIS yang berfungsi sebagai viewer data shapefile dan data raster (*.jpg, *.TIF, *.bmp) yang ber-georefereced. Tampilan dari FloppyGIS v1.0 ini mirip dengan Mapwindow atau QGIS. Table of Contents di sebalah kiri, dan dibawahnya terdapat tampilan Identify Attributes dari layer yang terseleksi. Tersedia juga menu Layer Properties dan pengaturan warna layer. Fungsi Zoom sebagai tools standard pada software GIS tersedia pada menu utama dan pada button tools.

Portable GIS FloppyGIS v1.0 ini dibuat oleh Lazaros Dinakis seorang Surveying Engineer. Jika tertarik Anda bisa mendownload gratis Portable GIS yang hanya berukuran 600-an KB tersebut melalui link dibawah. Tersedia juga sample data jika Anda tidak memiliki data shapefile atau data raster.

Download Portable GIS FloppyGIS v1.0