Kemarin ESRI Prototype Lab mempublikasikan sebuah extension yang memiliki kemampuan untuk menampilkan presentasi langsung dari ArcMap tanpa harus melalui software presentasi lainya, seperti PowerPoint. 

image taken from mrrichie.spaces.live.com

image taken from mrrichie.spaces.live.com


Extension tersebut diberi nama Presentation Extension for ArcGIS Desktop yang tersedia untuk di download gratis di ArcGIS Desktop Code Gallery.

Tampilan presentation manager seperti tampak pada gambar diatas.  Presentation Extension for ArcGIS Desktop bekerja seperti halnya “slides” di PowerPoint. Untuk mengaktifkan presentasi, klik button warna hijau pada presentation toolbar atau presentation manager window. Jendela presentasi terdiri atas peta, judul, kontrol navigasi dan sebuah button kecil di kanan bawah yang jika di klik akan menampilkan menu dasar interaktif sebuah peta digital seperti Zoom in, Zoom out, Rotate, Green pen,White pen, Erasure dan Exit.

image taken from mrrichie.spaces.live.com

image taken from mrrichie.spaces.live.com

Jujur saja, saya belum menginstall Presentation Extension for ArcGIS Desktop saat posting ini di publish, karena untuk bisa menginstallnya, komputer harus sudah tersedia Microsoft .NET Framework 3.5 SP1. Ketika saya mencoba menginstall Framework tersebut selalu gagal, entah kenapa, padahal saya selalu online terus dan tidak ada masalah dengan internet saya. Tentang Presentation Extension for ArcGIS Desktop ini bisa juga di baca via blog Mr Richie.  Gambar yang terdapat dalam postingan ini, saya ambil dari blog tersebut.