GPSMAP Garmin 62s merupakan successor dari produk GPS handheld yang paling populer keluaran  Garmin yaitu GPSMAP Garmin 60csx.  GPSMAP 62 series ini memiliki kemampuan seperti Garmin Oregon minus layar sentuhnya namun dengan fungsionalitas seri 60.

GPSMAP Garmin 62 series ini memiliki kemampuan untuk memanfaatkan tools  BirdsEye aerial imagery dan Garmin custom maps. Dengan kedua tools tersebut, user bisa menambahkan USGS topos,  PDF maps dll. Tersedia juga fungsi  full paperless geocaching.

Untuk Graphical User Interface (GUI) sama persis dengan Garmin 78s. Mulai dari Main Menu hingga sub menu dan interface lainnya sama dengan Garmin78s. Hanya tampilan luarnya atau bentuk dari handheld GPS saja yang berbeda.  Sebenarnya ada perbedaan lainnya misalnya GPS 62s menghilangkan konektor serial, atau istilah populernya pplug,  tidak seperti 78s, GPSMAP Garmin 62s tidak bisa terapung di air. Sementara tutup baterai 78s memakai sliding,  62s ini tetap dengan  kunci putarnya.

Apa saja perbedaan tampilan antara seri 60csx dengan 62s? Buat saya, yang pertama tentu saja adalah warna. Ini adalah keluhan saya dan teman-teman, kami senang dengan sekali dengan seri 60csx kecuali  warnanya yang hitam abu-abu itu. Jika GPS handheld tersebut terjatuh dan tertinggal, akan sulit menemukannya, apalagi jika sudah menjelang malam. Nah, di seri 62s ini Garmin membalutnya dengan warna orange yang eye catching. Untuk seri 62 berwarna kuning, sementara seri 62st tetap dengan warna abu-abunya. Perbedaan lainnya tampak pada tombol-tombolnya yang pada seri 62s ini cenderung berbentuk persegi, tidak lagi bulat seperti pada 60csx. Perbedaan lainya dalam bentuk gambar bisa Anda lihat di postingan berikut ini. Gambar yang tampak disebelah juga bersumber dari postingan tersebut. Thanks buat MantuGaul.

Video dibawah yang saya ambil dari youtube ini, mungkin bisa memberi gambaran “penampakan” dari GPSMAP Garmin 62s, sekaligus perbandingannya dengan seri 60csx.

Harga yang ditawarkan untuk GPSMAP Garmin 62s (versi 62 dan 62st tidak tersedia) ini setelah saya tanyakan ke salah satu distributor di Jakarta adalah Rp. 5.200.000,- (Lima juta dua ratus ribu rupiah) sudah termasuk memori 2 GB, GPS MAP Indonesia dan carrying case. Di Amazon.com sendiri ditawarkan seharga USD $394.99, seperti tampak pada review GPSMAP Garmin 62s di blog GPS ini, tapi mungkin sulit buat orang Indonesia bisa membelinya lewat Amazon.

Berikut adalah fitur yang tersedia untuk GPSMAP Garmin 62s

Bright 2.6-inch LCD sunlight readable colour display (160 x 240 pixels)
Worldwide built-in basemap with shaded relief
High-sensitivity, WAAS/EGNOS-enable GPS receiver and HotFix
3-axis compass, provides accurate heading even when the unit is not level
Barometric altimeter tracks pressure changes to pinpoint your precise altitude and to help monitor weather
Rugged, waterproof (IEC 60529 IPX7)
1.7GB internal memory
Supports paperless geocaching
Wirelessly share thumbnails, routes, tracks, waypoints and geocaches between compatible units
microSD card slot for optional mapping
Up to 20 hours of battery life, battery type: 2 AA batteries (not included) NiMH or Lithium recommended
High-speed USB
NMEA 0183