MapWindow GIS MapWindow GIS pernah saya singgung sangat sedikit pada postingan tentang list Open Source GIS. MapWindow merupakan perangkat lunak “Programmable Geographic Information System” untuk manipulasi, analisis dan menayangkan data-data geospatial sesuai dengan standar format data GIS. MapWindow sebuah mapping tool, sistem model GIS dan GIS API untuk programming aplikasi. MapWindow didistribusikan berdasarkan lisensi open-source. MapWindow mampu menampilkan data standar GIS dari ESRI yaitu shapefile. Termasuk kemampuan menampilkan DBF attibute, editing attribute, shapefile editing dan konversi data. Beragam GIS format lainnya selain shapefile juga di support oleh Mapwindow, diantaranya GeoTIFF, ESRI ArcInfo dan binary grids.

MapWindow GIS bukan sekedar viewer data spasial, karena MapWindow mampu melakukan hampir seluruh fungsi yang terdapat pada software GIS berbayar lainnya seperti ArcView atau MapInfo. Spatial data modelling, hot-link, data editor dan lainnya bisa dilakukan dengan sangat baik di MapWindow. Video tutorial GIS dibawah ini, menunjukkan fungsionalitas Mapwindow serupa dengan ArcView 3.x dalam melakukan Shapefile Manipulation. Di dalam video tersebut ditunjukkan  tentang clip shapefile with polygon, merge shape, buffer shape, erase shapefile with polygon dan clip polygon with line. Bahkan dua fungsi terakhir tidak tersedia di ArcView yang standar.


Shapefile Manipulation Menggunakan Mapwindow GIS


Shapefile Editing Menggunakan MapWindow GIS I


Shapefile Editing Menggunakan MapWindow GIS II

Jika Anda tertarik untuk mempelajari Mapwindow, tersedia Tutorial Mapwindow dalam PDF File 316 halaman yang cukup lengkap pembahasannya. Selain membahas tentang editing seperti contoh video diatas, juga penggunaan plugin hingga customization and programming. Download link tersedia di bawah.

Download Tutorial Mapwindow (PDF,4.5 MB)