google earthPenggunaan Google Earth (GE) saat ini sudah sangat umum, karena GE memang sangat membantu untuk kebutuhan pemetaan dan pencarian lokasi tertentu. Posting ini akan menyuguhkan tips tentang cara menampilkan data shapefile yang anda miliki agar tampil di GE. Tips ini akan menunjukkan pada pengguna ArcGIS dan ArcView 3.x untuk dapat menampilkan shapefile dari GUI ArcGIS atau ArcView 3.x menuju pada tampilan GE yang langsung merujuk pada lokasi shapefile tersebut, setelah anda menyimpan layer/shapefile tersebut menjadi *. KML atau *.KMZ. Penjelasan tentang KML bisa anda baca di Wikipedia atau pada GE Documentation.

Untuk pengguna ArcGIS, melalui ArcToolBox –> 3D Analyst Tools –> Conversion –> To KML. Disini ada dua pilihan yaitu Layer to KML dan Map to KML. Layer to KML melalui wizard-nya akan meminta anda untuk memasukkan layer yang ingin dibuat menjadi file KML, sedangkan Map to KML akan meminta anda memasukkan nama project ArcGIS (*.mxd) untuk kemudian menunjuk layer yang ingin anda konversi untuk menjadi file KML. Jika anda hanya mengingat nama project namun lupa nama layernya anda bisa gunakan Map to KML ini. Tool ini sebenarnya menghasilkan file *.KMZ (file kompresi dari KML). Untuk menampilkan layer pilihan anda sebelumnya dalam GE, anda bisa double klik file *.KMZ yang anda buat tersebut (melalui windows explorer) atau dari GE anda bisa Open File *.KMZ. Warna layer anda di GE akan dibuat sama dengan tampilan di ArcGIS.

Namun dengan tool default dari 3D Analyst Tools tersebut, anda tidak bisa mengaktifkan GE kemudian langsung merujuk pada layer yang dikonversikan menjadi *.KMZ dari GUI ArcGIS. Jika anda ingin melakukan hal tersebut dari GUI ArcGIS maka anda membutuhkan extension tambahan (free) yang dibangun untuk ArcGIS 9.x yang disebut Export To KML. Anda bisa men-download-nya melalui link berikut http://arcscripts.esri.com/details.asp?dbid=14273. Extension ini,  seperti halnya extension lainnya di ArcGIS akan membuat toolbar baru yang jika di klik akan membuka window wizard untuk meng-konversi layer menjadi file *.KML (lihat gambar dibawah).

export_to_KML

Untuk pengguna ArcView 3.x, anda bisa men-downlod extension do_google_earth disini http://arcscripts.esri.com/details.asp?dbid=14359 atau shape2kml disini http://arcscripts.esri.com/details.asp?dbid=14254. Namun saya prefer menggunakan shape2kml.

shape2kml

Sebagai catatan, gunakan sistem proyeksi Geographic (Datum WGS 1984) pada layer yang akan di konversi menjadi KML/KMZ. Saya tidak pernah berhasil menggunakan proyeksi lainnya… Anda pernah? Sharing donkz…