Akhirnya saya berhasil install ArcGIS 10 di VirtualBox dengan menggunakan OS Microsoft XP SP3. Kenapa di VirtualBox? Karena saya ingin mempertahankan licensi versi 9.3 di komputer. Lalu bagaimana tahapan install ArcGIS 10 di Microsoft XP Pro SP3?

Cara install ArcGIS 10 di Windows XP Pro SP3 mungkin tidak akan ada bedanya dengan cara install ArcGIS 10 di Windows Vista atau Windows 7. Saya katakan mungkin, karena saya memang belum mencobanya. Tapi menurut sebuah forum berbahasa Rusia cara install ArcGIS 10 memang tidak ada bedanya. Gambar di bawah ini adalah detail setting VirtuaBox yang saya telah install Windows XP Pro SP3 (klik gambar untuk memperjelas).

Untuk cara install ArcGIS 10 di Windows XP, sebelumnya harus di cek dulu apakah XP tersebut sudah SP3 atau belum. Jika belum silahkan update dulu. Kemudian komputer harus sudah terinstall Microsoft .NET Framework 3.5 Service Pack 1 atau yang equivalent, jika belum download dulu disini.

Ketika saya mencoba ikuti tahapan cara install ArcGIS 10 yang saya dapatkan, ternyata setelah saya ikuti semua petunjuk cara install ArcGIS 10 itu, ArcMap tidak bisa running. Dari sebuah forum berbahasa Rusia saya dapati, ternyata file AfCore.dll bawaan dari petunjuk tersebut harus diganti dengan yang tersedia disini. Benar saja setelah file tersebut di overwrite pada folder Program FilesArcGISDesktop10.0bin dan registry diaktifkan akhirnya ArcMap bisa running.