Hari Selasa lalu, Google mendesain ulang tampilannya. Tidak cuma di Google Search, Google Maps pun juga memiliki tampilan yang lebih fresh. Tema besar pada desain baru ini adalah “more focused, elastic, and effortless“.



Tampilan Google Maps kini terlihat banyak memiliki sudut, lihat pada icon print, email dan link pada gambar diatas yang terdapat dalam kotak abu-abu muda, yang pada tampilan lalu, ketiganya selain icon juga terdapat tulisan disampingnya (lihat gambar dibawah).

old-google-maps

 

Namun tampaknya, Google melupakan sesuatu, yaitu hilangnya fitur “View in Earth Link”, dimana user bisa langsung download My Maps sebagai file KML dengan sekali klik saja. Untuk sementara, Google hanya memberi solusi kecil untuk user yang ingin men-download My Maps sebagai file KML dengan menambahkan ‘&output=kml‘ (tanpa tanda petik) di akhir URL pada address bar browser, lalu tekan enter.

Anda bisa membaca lebih jauh tentang tampilan baru ini di blog google-latlong.blogspot.com. Selain mendesain ulang tampilan-nya Google juga merilis social network baru yang di beri nama Google+ Project, yang di gadang-gadang sebaga pesain Facebook(?). Jika Anda lihat demo site Google+ Project, Anda bisa melakukan zoom dan pan semudah di Google Maps, karena memang demo site tersebut dibuat menggunakan Google Maps API.