Aji Putra Perdana  telah merilis tutorial dasar penggunaan GIS Open Source Quantum GIS (QGIS) dalam Bahasa Indonesia. Tutorial ini merupakan bahan pelatihan Sistem Informasi Geografis tingkat dasar menggunakan Quantum GIS Tethys versi 1.5 (kini tersedia versi 1.7) yang dikemas sederhana dan praktis, sehingga Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Tutorial dasar penggunaan GIS Open Source Quantum GIS (QGIS)  dalam Bahasa Indonesia ini merupakan pengembangan dari beberapa bahan dan materi dimulai dengan persiapan data input yakni georeferencing peta hasil scan, pembuatan layer, tahap digitasi on screen, editing data spasial dan atribut, simbolisasi, analisis spasial (overlay/tumpangsusun) hingga tahapan output berupa layout. Berikut adalah daftar isi tutorial 75 halaman yang bisa di download dalam format PDF tersebut. :

Pengantar
Apa itu SIG?
Latihan 1. Instalasi Quantum GIS
Latihan 2. Konfigurasi Quantum GIS
Latihan 3. Georeferencing
Latihan 4. Membuat Layer baru dan Digitasi di layar monitor (On Screen Digitizing)
Latihan 5. Menyimpan Proyek di Quantum GIS
Latihan 6. Pengisian dan Editing Data Atribut/Tabular
Latihan 7. Overlay
Latihan 8. Simbolisasi
Latihan 9. Layout dan Cetak

GIS Blog ini juga telah membuat beberapa postingan tentang Quatum GIS yang bisa Anda lihat di link berikut : http://www.inigis.com/category/open-source-gis/quantum-gis

Download Tutorial Dasar Penggunaan Quantum GIS (QGIS) dalam Bahasa Indonesia via Scribd.com