Melanjutkan posting sebelumnya dan juga karena telanjur janji, maka kali ini akan dibahas step by step penggunaan software GPS Photo Link. Sebelumnya silahkan download dan install GPS Photo Link disini dan install di komputer Anda. Seperti pernah saya sampaikan sebelumnya, versi trial-nya bisa digunakan hingga 10 kali pemakaian. Jika diperlukan, Anda juga membutuhkan software untuk mengkonversi data GPS ke dalam format *.gpx

Software GPS Photo Link bisa langsung membaca data waypoint maupun tracking dari GPS Anda. Bisa juga membaca data GPS yang tersimpan dalam komputer dengan format *.gpx. Untuk pengguna GPS Garmin bisa download software MapSource versi terbaru disini untuk melakukan konversi data dari *.gdb to *.gpx (cukup dengan Save As dan pilih output file extension-nya *.gpx) . Tutorial GPS Photo Link kali ini akan menerapkan cara kedua yaitu mengambil data GPS yang tersimpan di komputer dalam format *.gpx.

Syarat utama dalam menerapkan Geotaggin adalah waktu pengambilan data GPS (track) dan waktu pada kamera digital adalah sama. Seperti diketahui bahwa kita bisa melakukan setting waktu pada GPS (tanggal bulan tahun, jam menit detik), begitu juga dengan kamera digital. Namun pada beberapa kamera tidak sampai pada satuan detik (seperti kamera saya). Untuk kasus ini cukup dengan menyamakan waktu hingga satuan menit.

Lakukan kalibrasi waktu antara GPS dan kamera ini sebelum melakukan tracking pertama di GPS Anda. Jika waktu antara GPS dan kamera sudah sama, potret GPS anda dengan resolusi terbaik, sehingga tampilan layar GPS dapat terlihat jelas. Hal ini nantinya berguna sebagai troubleshooting jika ternyata ada miss antara waktu photo dan waktu GPS, sekaligus sebagai entry time photo. Lihat contoh photo dibawah ini.

gps-time

Lakukan ini setiap kali akan memulai tracking Anda. Pada Software GPS Photo Link nantinya, Anda bisa membuat format penggunaan data GPS pada rentang waktu, misalnya 60 detik. Maksudnya adalah pada titik GPS tersebut, maka photo yang berkaitan adalah pada waktu pengambilan titik GPS hingga 60 detik sesudahnya. Jadi, satu titik GPS bisa memuat lebih dari satu photo link. Misalnya satu titik plot GPS di lapangan, dengan 4 photo menghadap 4 arah mata angin. Ada baiknya ‘tukang’ photo dan ‘tukang’ plotting adalah orang yang berbeda.Oh, ternyata sudah panjang cerita saya.. Tutorial GPS Photo Link bersambung lagi dech kalo gitu…