ArcGIS bisa digunakan untuk me-visualisasikan bentuk 3 dimensi (3D) sumur bor, permukaan bawah tanah/penampang geologi dari sebuah shapefile dengan well log data, yang didalamnya terdapat lokasi well (sumur) dalam koordinat x dan y serta formasi geologi dalam nilai z.



Link di akhir postingan ini akan menunjukkan kepada Anda tuntunan langkah demi langkah dalam format ebook 43 halaman, instruksi untuk pemetaan 3D modelling permukaan bawah tanah geologi menggunakan ArcGIS dan well log data. Komponen ArcGIS yang dibutuhkan selain ArcMap adalah ArcScene dan ArcCatalog. Selain itu dibutuhkan extension 3D Analyst, Spatial Analyst dan XTools Pro for ArcGIS.

Sebelumnya saya pernah memposting sebuah tool untuk membuat cross section geologi di ArcGIS. Program ini diberi nama Create Geologic Cross Sections–eXacto Section. Anda bisa mendownload gratis tool ini yang telah disertai dengan quick start tutorial dan sample data termasuk dengan file mxd DISINI.

Download step-by-step instruction manual of digital mapping and 3D visualization/modelling of subsurface geology using ESRI ArcGIS software and well log data