eMap International dan Par Government merilis VectorLock, sistem keamanan yang pertama kalinya untuk data geospasial terutama shapefile. VectorLock adalah ekstension untuk ArcGIS 9.3 atau 10 yang memungkinkan Anda atau perusahaan Anda untuk melindungi dan mengontrol data geospasial dari akses seluruh penggunaan data baik secara internal maupun eksternal saat berbagi data.

VectorLock menjamin tingkat keamanan setinggi mungkin. Data shapefile dijamin dan didistribusikan pada pengguna melalui format terenkripsi eksklusif yang terlihat seperti data shapefile biasa ketika ditambahkan ke dalam ArcGIS. Anda memiliki otoritas untuk mengatur waktu sampai berapa lama data shapefile tersebut bisa diakses oleh klien atau mitra kerja Anda. Jika waktu yang telah Anda tetapkan terlampaui, otomatis data tersebut tidak bisa di akses lagi oleh klien atau mitra kerja Anda.

VektorLock tersedia dalam 3 versi, yaitu Standard (free), Advanced (free) dan Admin. Versi standard digunakan untuk memanggil dan menampilkan VectorLock files, termasuk mengubah symbology. Dementara untuk versi Advanced, selain memiliki seluruh kemampuan versi standard, versi ini tersedia Editor toolbar. Untuk versi Admin, terdapat full functionality untuk membuat VectorLock files dan membuka kunci VectorLock files.

Info lebih lanjut tentang VectorLock di link ini.