ArcMap dan ArcCatalog bisa di kustom tanpa harus menulis sepenggal code pun. Membuat, menambah, dan memindahkan toolbar dan command dan bahkan menambahkan tool yang pernah dibuat oleh user lain, kita hanya membutuhkan tools yang disebut Customize Dialog Box.

customize dialog box

Untuk mengaktifkan tools ini, pada main menu Tools -> Customize. Customize dialog box ini memiliki Tab Toolbars, Commands dan Options. Tab Toolbars dan Commands digunakan untuk memodifikasi user interface sementara Tab Options digunakan untuk mengontrol setting kustomisasi.

Melalui video tutorial ArcGIS yang bisa di download gratis melalui link dibawah ini, Anda bisa belajar melakukan kustomisasi di ArcGIS, khususnya pada ArcMap dan ArcCatalog tanpa Anda harus memahami bahasa pemrograman. Video tersebut tersedia dalam format file .swf yang bisa diputar menggunakan Adobe Flash Player. Jika Anda belum memilikinya Anda mengunduhnya dari website Adobe.com

Video Tutorial ArcGIS Customize Dialog Box ini akan menuntun Anda cara untuk membuat Toolbar baru dan memberi nama Toolbar tersebut. Kemudian menambahkan Command pada Toolbar tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda melalui Tab Commands semudah drag and drop. Selain itu Anda akan ditunjukkan cara menambahkan Button melalui UIControl. Pada bagian akhir video berdurasi sekitar 5 menit ini, Anda akan ditunjukkan untuk membuat security password dari hasil kustomisasi melalui Tab Options. Untuk lebih jelasnya silahkan download melalui link dibawah ini.

Download Video Tutorial ArcGIS : Customize Dialog Box