Autocad wsSebelumnya saya pernah posting tentang Project Butterfly, sebuah layanan dimana AutoCAD users bisa melakukan view dan edit file AutoCAD (DWG / DXF) secara online via Web browser. Project Butterfly tersebut kini berganti nama menjadi AutoCad WS dengan tambahan apps untuk remote viewing dan editing di Android dan iPhone smartphones.

AutoCAD WS on Android

AutoCAD WS  tersedia fitur basic seperti drawing/editing/annotation tools dan juga mendukung layer. Saat ini Anda tidak membuat file baru di layanan ini, karena memang fungsinya hanya untuk view dan edit saja.

Namun Anda bisa membuat file DWG/DXF menggunakan Software CAD gratis LibreCAD/CADuntu untuk kemudian menguploadnya ke AutoCAD WS. Atau Anda bisa juga melakukan save as file yang pernah Anda upload sebelumnya, hapus semua fitur dan layer yang ada. Dengan begitu Anda memiliki blank canvas untuk membuat drawing yang baru.

AutoCAD WS sudah terintegrasi dengan Google Maps. Dengan Google Maps sebagai background gambar CAD, user bisa mengkolaborasikan antara drawing/design dengan peta/satellite image. User bisa melakukan share, review, co-edit, atau publish link map atau image yang user pilih.

AutoCAD WS mendukung file DXF /DWG dengan geoference, namun tidak memiliki fitur untuk melakukan perubahan sistem proyeksi koordinat. Jika Anda ingin gambar Anda bisa di overlay kan dengan Google Maps yang sudah tersedia di layanan ini, maka gambar Anda sebaiknya memiliki sistem proyeksi geographic. Namun jika sistem koordinat Anda berbeda dengan peta yang ada di Google Maps, Anda bisa menggunakan tool Place Drawing untuk menyesuaikannya dengan peta di Google Maps.

AutoCAD WS bisa digunakan oleh siapa saja dengan terlebih dahulu mendaftar disana. Berikut adalah video yang menunjukkan penggunaan AutoCAD WS di sebuah tablet dengan platform Android.