Aplikasi Terrain Bender mampu mem-visualisasikan 3D atau terrain dalam tampilan yang melengkung seperti gambar diatas. Visualisasi 3D dengan Terrain Bender ini bisa dibuat lebih interaktif karena tersedia tools untuk mengatur sudut kelengkungan sesuai dengan keinginan user. Aplikasi Terrain Bender ini merupakan software open source berbasis Java yang tersedia untuk Windows, Linux dan Mac.

Untuk dapat membuat Terrain Digital Elevation Model, source data harus berformat ESRI ASCII grid format (*.asc).  Jika Anda sudah memiliki file DEM dengan format lain, menurut saya yang termudah adalah Anda bisa mengkonversinya menjadi ESRI ASCII grid format (*.asc) menggunakan Global Mapper. Namun Anda juga bisa mencoba software open source Saga GIS atau Micro DEM.  Dengan aplikasi Terrain Bender ini, user juga bisa melakukan overlay antara 3D / Terrain dengan image. Sehingga image tersebut akan mengikuti pola elevasi yang dihasilkan oleh visualisasi 3D. Lihat contoh di bawah ini (gambar diambil dari FreeGeographyTools.com).

Untuk dapat menjalankan software ini, komputer Anda minimal harus memiliki RAM 2 GHz, monitor lebih besar dari 1024 x 768 pixels dan harus sudah terinstal Java 6 dari Sun Microsystem. Disinilah masalah kadang-kadang timbul seperti yang disebutkan dalam halaman download Terrain Bender ini. Dalam kasus yang saya alami, saya tidak berhasil menginstal aplikasi ini di komputer kantor, tapi berhasil di komputer rumah. Padahal sama-sama menggunakan Windows XP SP3 dan mengupdate Java yang terbaru.

Download  Terrain Bender