WebGL Earth adalah software open source yang bisa menampilkan 3D globe langsung di web browser untuk beragam platform termasuk untuk mobile gadget tanpa membutuhkan plugin apapun. Anda bisa melakukan eksplorasi, zoom in/zoom out dan ‘bermain-main’ seperti yang Anda bisa gunakan di Google Earth.

WebGL Earth menampilkan secara detail street-level data (via OpenStreetMap), detail satellite image (via Bing Maps) dan beberapa custom map yang tersedia pada Mercator tiles (MapTiler, GDAL2Tiles, TileCache, GeoWebCache, etc).

Browser yang support WebGL Earth diantaranya Mozilla Firefox 4 Beta, Google Chrome Beta, WebKit nightly. Jika Anda pengguna Firefox atau Google Chrome, pastikan Anda mengupdate-nya sebelum mencoba aplikasi ini. WebGL Earth juga bisa di embed (tempel) di blog/website dengan menggunakan JavaScript API. Namun saat ini API belum tersedia, Anda bisa mencoba melihat sample demo API disini

Lihat demo video-nya dibawah ini :

WebGL Earth ditulis dengan JavaScript menggunakan HTML5 Canvas tag dengan WebGL extension. Codenya menggunakan Closure Library and Compiler – toolset yang sama dengan yang dipakai pada Google product seperti GMail, Google Docs, Google Maps dll.

Para pengembang juga bisa bebas memodifikasi code terbuka untuk project WebGL Earth ini. Jika Anda seorang developer, Anda bisa memulainya dengan membaca Quickstart document.

Live demo:
http://www.webglearth.com/
Project page with source code:
http://www.webglearth.org/