geotagging tanpa gps Geotagging menggunakan GPS dapat dengan mudah dilakukan karena sudah banyak software yang bisa membantu, diantaranya GPS Photo Link. Atau jika Anda tidak mau repot instalasi software, apalagi shareware yang hanya bisa dipakai beberapa kali saja (kecuali Anda membeli license-nya), maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas geotagging yang tersedia secara online, misalnya GPS Visualizer. Anda tinggal masukkan file .gdb atau .gpx dari GPS ke dalam form yang tersedia, untuk selanjutnya tools online tersebut yang akan memprosesnya. Anda bisa mendapatkan KML file yang bisa dibuka di Google Earth. Lalu kalo saya yang tidak punya GPS, bisakah saya me-geotagging kumpulan photo saya?

Geotagging tanpa data GPS bisa Anda lakukan secara online menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Flickr. Namun fasilitas yang tersedia hanya untuk merekam lokasi photo secara terpisah. Sementara jika Anda baru pulang survey atau jalan-jalan, maka Anda ingin seluruh photo yang Anda ambil berdasarkan urutan waktu dan lokasi kunjungan bisa ter-geotagging seluruhnya. Solusi tersebut bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan Windows Live Maps.

Berikut saya berikan link yang akan memandu Anda untuk mengikuti tutorial geotagging tanpa GPS dengan memanfaatkan Windows Live Maps. Silahkan Klik Link ini, dari Windows Live and Video Blog. Anda juga bisa membuat geotagging 3D photo tour dengan mengikuti video yang tersedia DISINI.