ArcGIS Diagrammer adalah Productivity tool bagi GIS profesional untuk membuat, mengedit dan menganalisis geodatabase skema. Skema ini disajikan sebagai diagram yang dapat diedit di lingkungan yang familiar bagi pengguna Microsoft Visual Studio.

Benefit penggunaan ArcGIS Diagrammer diantaranya adalah user dapat merancang secara menyeluruh desain geodatabase seperti yang dibutuhkan oleh sistem. Pengguna dapat mendistribusikan skema Geodatabase yang diperoleh dalam format XML. Dokumen XML ini dapat dibuat dengan mengekspor skema menggunakan ArcCatalog. ArcCatalog juga dapat membuat skema dengan mengimpor geodatabase XML workspace document.

Geovisi telah menerbitkan panduan cara menggunakan ArcGIS Diagrammer ini dalam Bahasa Indonesia. Jika Anda sudah bergabung dengan forum Komunitas GIS mungkin sudah mengetahui hal ini. Jika belum dan ingin mendapatkannnya silahkan download melalui link yang tersedia di akhir postingan ini (dalam kotak hijau).

ArcGIS Diagrammer dibuat oleh Richie Carmichael. Video tutorial cara penggunaan ArcGIS Diagrammer tersedia juga di youtube yang di upload sendiri oleh si pembuat extension untuk ArcGIS desktop ini. Lihat video di bawah ini

Download Tutorial Desain Geodatabase Menggunakan ArcGIS Diagrammer