logo arcmap2gmapMapzLibrarian telah membuat sebuah script yang bisa mengkonversikan layer yang terdapat pada ArcMap ke dalam standalone Google Map webpage. Script ini diberi nama ArcMap2Gmap. Termasuk dalam hasil konversi  tersebut adalah seluruh HTML dan Javascript file yang dibutuhkan untuk menjalankan program ini. Fungsi dalam HTML tersebut diantaranya : multiple layers visible/invisible, geocoding, proximities (top 10 closest visible points), and driving directions. Seluruh tipe layer telah disupport oleh program kecil ini.
arcmap2gmap

Saya telah melakukan ujicoba menggunakan program ini. Anda bisa lihat hasilnya Disini . Contoh data yang saya gunakan bisa di download Disini.   Sebelumnya download terlebih dahulu script ArcMap2Gmap di websitenya ESRI, Klik Disini. Untuk menjalankannya, extract file zip hasil download tersebut ke drive C:, sehingga di drive C: tersebut akan terdapat  directory C:ArcMap2GMap. Double klik ArcMap Project pada  C:ArcMap2GMapArcMap2GMap.mxd. Menu ArcMap2GMap telah tersedia disitu.

Selanjutnya, tambahkan layer dalam ArcMap project tersebut, kemudian klik menu ArcMap2GMap. GUI ArcMap2GMap bisa dilihat pada gambar dibawah. Jika Anda mendownload contoh file yang saya berikan, isi form seperti contoh dibawah.

gui arcmap2gmap

Klik button Submit terlebih dahulu, kemudian klik button Let’s Do It!! Jendela Complete akan muncul setelah process selesai. Klik Launch Google Map.

launch arcmap2gmap

Hasilnya bisa dilihat halaman ini. File hasil proses tersebut disimpan dalam directory file:///C:/ArcMap2GMap/mashupFiles/googlemap.html

Silahkan mencoba, gratis koq!!