Saya ingin menunjukkan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan download peta elevasi dari Google Maps Terrain.   Aplikasi kecil yang saya maksud adalah Google Maps Terrain Downloader 6.14.

Setelah beberapa posting cara melakukan download peta dari Google Maps,  masing-masing menggunakan Firefox + add on Screengrab, kemudian menggunakan aplikasi Google Map Saver,  menggunakan Google Map Buddy dan terakhir menggunakan GmapCatcher. Aplikasi lain yang  saya posting sebelumnya tersebut, sebenarnya bisa juga di gunakan untuk mendownload Google Maps Terrain, dengan cara mengubah pilihan view petanya saja.

Gambar diatas adalah GUI dari Google Maps Terrain Downloader 6.14. Cukup simpel untuk dipahami. Anda cukup mengisi nama project dan mengisi lattitude dan longitude area yang ingin Anda download. Untuk versi trial, maksimal zoom yang bisa dipilih adalah 10, sementara versi berbayar bisa di zoom hingga nilai 15. Secara default image yang di download terdapat di C:Downloads, namun Anda bisa mengubahnya. Klik Download untuk mengunduh image peta elevasi dari Google Maps dalam potongan-potongan kecil.

Jika project Anda di beri nama “Bromo.gmtd”, maka di dalam folder C:Downloads akan terdapat folder Bromo dan file project Bromo.gmtd. Di dalam folder Bromo tersebut akan disimpan file image hasil download dari aplikasi  Google Maps Terrain Downloader 6.14 ini.

Untuk menggabungkan image hasil download dari aplikasi Google Maps Terrain Downloader 6.14 ini, dari menu Tools klik Combine Images. Akan muncul jendela Combine Maps seperti tampilan di bawah ini.

Pilih project filename yang akan di combine potongan image hasil downloadnya, kemudian tentukan output filename-nya. Image hasil combine akan disimpan di folder yang sesuai dengan nama projectnya dalam format .BMP. Hasilnya akan tampak seperti gambar paling atas dari postingan ini.

Berikut beberapa postingan lain di iniGIS.com tentang cara download image dari Google Maps/Google Earth :

Download Google Maps Terrain Downloader 6.14