Kemarin saya baru saja menunjukkan cara membuat vektor grid di ArcView 3.x. Kini saya akan tunjukkan cara membuat vektor grid di ArcGIS. Untuk proses ini dibutuhkan extension Hawth’s Analysis Tools yang bisa di download gratis di http://www.spatialecology.com/htools/

Setelah mendownload dan menginstall extension Hawth’s Analysis Tools for ArcGIS, Anda bisa mengaktifkan extension tersebut melalui menu View –> Toolbar –> Hawth’s Tools. Untuk membuat vector grid, dari dropdown menu Hawth’s Tools pilih Sampling Tools –> Create Vector Grid (line/polygon), seperti di tunjukkan pada gambar dibawah ini. Sebaiknya unit proyeksi yang digunakan adalah UTM.

Jendela Create Vector Grid akan terbuka dengan 3 form isian. Form paling atas adalah Form Input. User diminta untuk menentukan batas terluar grid vector yang akan dihasilkan, apakah mengikuti batas terluar dari layer atau mengikuti batas koordinat yang user tentukan sendiri. Gambar dibawah ini sebagai contoh penentuan batas terluar berdasarkan layer (yang aktif di Table of Content).

Form kedua adalah penentuan interval antar grid. Secara default grid terbentuk memiliki rasio 1:1 (bujur sangkar). Jika user ingin memiliki rasio yang berbeda, uncheck pilihan Lock Ratio. Gambar dibawah contoh isian dengan interval 500 meter dan rasio 1:1.

Terakhir adalah Form Output. Disini user diminta untuk menentukan tipe hasil output layernya, apakah bertipe polyline atau polygon. Tentukan tempat penyimpanan dan system proyeksi output layer tersebut, seperti dicontohkan pada gambar dibawah ini. Klik OK untuk mendapatkan grid vektor dalam format shapefile.

Semoga bermanfaat..